Senin, 24 Juni 2013

Kartu Skor Publisher AdSense : Tips & Optimisasi

Artikel kali ini membahas tentang Kartu Skor Publisher AdSense : Tips & Optimisasi. Setelah ulang tahun yang ke-10, AdSense pun meluncurkan fitur terbarunya yaitu kartu skor untuk publisher. Fitur ini telah ditambahkan ke semua akun AdSense dan anda bisa melihat ringkasan kartu skor ini pada beranda AdSense.

Kartu skor adalah alat dimana memberikan wawasan dan pelajaran penting untuk para publisher dalam optimisasi iklan mereka, performa kecepatan memuat halaman website dan optimisasi konten pada website. Kartu skor ini akan menampilkan ringkasan terhadap tiga kategori penting, yaitu Pengoptimalan pendapatan, Kesehatan situs, dan tombol Google + . Setiap kategori akan dinilai berdasarkan 1 sampai dengan 5 titik lingkaran yang menandakan level atau ranking performa.

Nah, kali ini kita akan belajar dasar-dasar tentang kartu skor serta tips optimisasi website untuk meningkatkan penghasilan AdSense. Mari disimak.

Apa saja kategori kartu skor?

google,adsense,scorecard

Gambar diatas adalah kartu skor milik akun AdSense saya, dan bisa anda lihat bahwa ada 3 kategori berserta sub kategori. Mari kita membahas satu persatu kategori tersebut.
Pengoptimalan pendapatan

1. Pengoptimalan pendapatan
Dengan pengoptimalan pendapatan maka para publisher AdSense akan mengetahui hal-hal yang perlu ditingkatkan guna meningkatkan nilai RKT atau CTR laman dan RPM laman yang pastinya akan meningkatkan penghasilan anda. Bisa anda lihat gambar kartu skor diatas, saya mendapatkan 5/5 titik lingkaran biru dan ikon lingkaran kuning memberitahukan bahwa bagian tersebut perlu ditingkatkan lagi.

Hal ini dapat optimalkan dengan dengan 3 cara, yaitu :

A. Gunakan format iklan yang disarankan
Format iklan disarankan adalah 336x280, 300x250, 728x90, dan 160x600. Format iklan ini dapat anda gunakan di blog anda sehingga anda dapat mengoptimalkan pendapatan anda.

Tips menggunakan format iklan yang disarankan :
  1. Iklan Text/Gambar dengan format 336 x 280 bisa anda tempatkan di atas postingan ataupun sidebar bagian atas karena 2 tempat tersebut adalah tempat paling strategis dalam menarik perhatian pengunjung.

  2. Iklan dengan format 728 x 90 bisa anda tempatkan pada header disamping judul blog anda ataupun dibawah judul blog anda.

  3. Iklan Text/Gambar dengan format 300 x 250 bisa anda tempatkan seperti iklan dengan format 336 x 280 yaitu di atas postingan ataupun sidebar atas.

  4. Iklan dengan format 160 x 600 bisa anda tempatkan pada sidebar blog anda.
* Anda hanya bisa menempatkan 3 format iklan jadi pilih 3 dari 4 format iklan yang disarankan.

Jika blog anda tidak mendukung format iklan diatas silahkan pakai format iklan yang lain dan tempatkan pada bagian yang strategis pada blog anda, saya sendiri memakai format iklan 300x250, 300x600, dan 468x80 pada blog saya.

B. Mengaktifkan iklan Text dan Gambar pada setiap format iklan.
Jika anda hanya mengaktifkan iklan text atau iklan gambar saja, saya sarankan anda atur menjadi iklan text dan gambar dengan begitu akan memaksimalkan Click through rate laman anda.

Cara mengaktifkan iklan Text dan Gambar :
  1. Login ke akun AdSense anda.

  2. Klik menu Iklan Saya, lalu klik Edit jenis iklan, atur sesuai gambar dibawah ini.

    publisher,google,adsense

  3. Lalu klik tombol Terapkan jenis iklan.
*Jangan lupa untuk menerapkan kesemua format iklan yang telah anda buat.

C. Mengurangi kesalahan crawler/perayapan.
Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena bisa mengurangi penghasilan anda. Saya menyarankan anda untuk mengecek struktur HTML dan robots.txt pada blog anda. Bot AdSense akan merayapi blog anda serta konten didalamnya. Seperti pada gambar kartu skor diatas, blog saya mendapatkan lingkaran hijau yang berarti sudah sempurna dan tidak perlu diubah lagi.

Untuk mengurangi kesalahan crawler/perayapan, pastikan bahwa semua skript Jquery berada diantara tag <head> dan </head>. Bersihkan struktur HTML blog anda dan kurangin skript guna meningkatkan kecepatan website anda dan mencegah browser agar tidak crash. Usahakan agar tidak ada yang error dengan blog anda seperti halaman tidak ditemukan, dll sehingga bot AdSense dapat merayapin blog anda dengan sempurna.

Untuk dapat menyempurnakan bot AdSense dalam perayapan, pastikan robots.txt blog anda seperti ini.
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat robots.txt blog saya ini.

2.  Kesehatan Situs
Nah, kartu skor juga memberikan ringkasan mengenai performa kecepatan situs anda, dengan begitu anda dapat memperbaiki hal yang salah sehingga akan meningkatkan performa kecepatan situs. Seperti gambar kartu skor diatas, blog saya mendapatkan lingkaran 2/5 dan lingkaran kuning yang menandakan masih ada yang harus ditingkatkan lagi.

Tips meningkatkan kecepatan situs anda :
  1. Gunakan fitur CSS3 untuk membuat latar belakang blog anda, gradien warna, dll. Jangan gunakan gambar, silahkan gunakan fitur ini sebisa anda.

  2. Gunakan CSS.

  3. Tempatkan semua JavaScript dan stylesheets dalam satu tempat.

  4. Hapus plugin atau widget yang tidak berguna.
3.  Integrasikan Tombol Google +
Google mengingatkan kita untuk menggunakan tombol Google +, sehingga pengunjung dapat memberi +1 untuk blog anda ataupun artikel blog anda. Walaupun tidak terlalu berpengaruh pada penghasilan AdSense anda namun tiada salahnya menggunakan tombol ini sebagai media promosi.

Simbol kartu skor dan indikasi
Anda dapat melihat simbol kartu skor dan indikasi dengan lebih jelas dengan lansung klik disini.

Oh ya, jika anda masih bingung atau ingin menambahkan sesuatu, silahkan tinggalkan komentar anda.

Nah, sekian dulu artikel tentang Kartu Skor Publisher AdSense : Tips & Optimisasi, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Referensi :
http://www.mybloggertricks.com/2013/06/Adsense-Scorecard-tips-practices.html

source http://tutorkeren.blogspot.com/2013/06/kartu-skor-publisher-adsense.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar