Senin, 22 Juli 2013

Cara Menambahkan Widget Kotak Pencarian Wikipedia di Blogger

wikipedia,search engine,google cse
Artikel kali ini membahas tentang Cara Menambahkan Widget Kotak Pencarian Wikipedia di Blogger. Blogger telah menambahkan sebuah widget kotak pencarian Wikipedia terbaru kedalam persediaan gadget mereka. Widget ini dikembangkan secara resmi oleh Blogger, sehingga anda tidak perlu takut terhadap masalah yang mungkin muncul (bugs). Widget ini berbentuk minimalistik dan berguna untuk mencari kata kunci atau konten melalui Wikipedia. Widget ini bekerja mirip dengan Google Custom Search Engine, dan bentuk tampilannya juga mirip dengan CSE.

Sebenarnya, anda mungkin tidak akan mendapatkan sesuatu spesial dari widget ini. Namun, widget ini dapat meningkatkan kinerja website anda dengan membantu pengunjung untuk dapat mencari konten lebih dalam lagi. Jika pengunjung tidak mendapatkan informasi yang sesuai dengan yang mereka cari diblog anda, maka mereka dapat mendapatkan informasi tambahan di Wikipedia melalui widget ini. Jika anda masih belum mengerti anda dapat menyimak contoh berikut ini : jika seorang pengunjung mencari artikel tentang "HTML" di blog anda namun tidak menemukannya, maka pengunjung tersebut dapat mencari artikel tentang "HTML" di Wikipedia melalui kotak pencarian.

Proses menambahkan widget kotak pencarian Wikipedia di Blogger sangatlah mudah, tidak butuh memahami koding ataupun JavaScript dan hanya butuh beberapa klik saja untuk meng-installnya, silahkan anda simak panduannya dibawah ini.
  1. Silahkan login ke akun Blogger anda lalu klik blog yang anda ingin tambahkan widget kotak pencarian Wikipedia kedalamnya.

  2. Klik menu Tata Letak di bagian kiri.

  3. Klik Tambahkan Gadget >> Gadget Lainnya, dan pilih Wikipedia yang berada tepat dibawah widget Formulir Kontak.

  4. Konfigurasikan widget tersebut dan jika sudah klik Simpan.
Sangat mudah bukan?, sekarang anda hanya perlu mengatur letak widget tersebut ke Sidebar, dibawah Header, disamping Header, atau diatas Footer blog anda. Nah, sekian dulu artikel tentang Cara Menambahkan Widget Kotak Pencarian Wikipedia di Blogger, semoga bermanfaat bagi kita semua.

source http://tutorkeren.blogspot.com/2013/07/kotak-pencarian-wikipedia-di-blogger.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar