Selasa, 15 Januari 2013

Membuat Image Gallery di WordPress 3.5

tutorial blog,wordpress,wordpress.org,blog wordpress
Selamat malam para Blogger sekalian. Gimana kabar kalian? saya harap baik-baik saja. Artikel malam ini membahas tentang Membuat Image Gallery di WordPress 3.5. Siapa sih yang nggak tau Wordpress?.  
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine) dan sebagai CMS (Content Management System).

Wordpress baru saja merilis update terbaru, yaitu versi 3.5. Update terbaru ini membawa perubahan besar khususnya pada tampilan hingga media manager. Sehingga sekarang membuat image gallery di Wordpress 3.5 lebih mudah dibandingkan dengan versi sebelumnya. Berikut caranya.
  1. Posting atau buat halaman baru. Bisa juga mengedit posting atau halaman dengan klik tombol Add Media dibagian atas blog editor.

    wordpress,tutorial blog,wordpress.org,wordpress.com

  2. Dihalaman bagian kiri, klik opsi Create Gallery. Anda membutuhkan ini untuk menambahkan berbagai gambar. Anda dapat melakukan drag and drop gambar ke media manager, atau memilih file dari hard disk. Pilih gambar lebih dari satu dengan menahan tombol CTRL ada keyboard saat melakukan seleksi gambar.

    gallery,wordpress,blog wordpress,wordpress.com

  3. Tambahkan sebuah judul, caption dan juga deskripsi kepada gambar jika diperlukan. Jika anda ingin menghapus sebuah gambar dari gallery, cukup hilangkan centang.

    tutorial blog,wordpress.com,blog wordpress

  4. Terdapat pengaturan untuk memilih tampilan dari gallery, seperti mengatur kolom, atau urutan di tampilkan secara acak. Setelah itu klik Insert Gallery.

  5. Sebuah placeholder akan dimasukkan pada halaman atau post. Jika anda ingin mengedit gallery cukup klik placeholder tersebut dan klik ikon Insert Gallery dipojok kiri atas.

    tutorial blog,wordpress.com,blog wordpress

  6. Inilah adalah hasilnya.

    tutorial blog,blog wordpres,post
Hanya seperti itu, proses membuat image gallery terasa mudah di versi Wordpress terbaru ini. Berhubung saya juga mau tidur jadi sekian dari artikel Membuat Image Gallery di WordPress 3.5, semoga bermanfaat bagi kita semua.
source http://tutorkeren.blogspot.com/2013/01/membuat-image-gallery-di-wordpress-35.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar